Loading...
Wednesday 3 May 2017

19:58
Kajian duku
Dengan mengusung tema "Ukhuwah dan Cinta dalam Ikatan" Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro mengadakan kajian ke-Islaman dan seputar ikatan, kegiatan yang dinamakan "Dengan Ukhuwah Kita Utuh" atau sering disingkat DUKU ini telah menjadi agenda rutin Mahasiswa Fakultas Ekonomi, yang di adakan setiap Minggunya di hari Rabu.

Kegiatan ini dibuka oleh Ali Nurdin Ketua Komisariat PK IMM Fakultas Ekonomi, Rabu (03/05/17) di halaman Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro, dihadiri oleh PC IMM Kota Metro, dan Komisariat se-Kota Metro, Ali berharap dengan kegiatan rutin seperti ini dapat menjalin silaturahmi dan ukhuah antar kader dan mahasiswa yang turut hadir mengikuti kajian DUKU.

peserta duku
Dengan menghadirkan demisioner ketua cabang IMM Kota Metro periode 2014-2015 kanda Nurohman beserta istrinya yunda Tika Mawarni, yang juga menjadi pemateri dalam kajian mingguan tersebut tentunya memberikan kesan yang berbeda bagi peserta, dengan antusias peserta mendengarkan dengan seksama pesan-pesan yang disampaikannya.

Ukhuwah dan Cinta Dalam Ikatan Terdapat dalam Al-Quran surat al-Hujarat Ayat 10, Allah SWT berfirman:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ
"Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."
(QS. Al-Hujurat: Ayat 10)

dalam Materinya yunda Tika menyampaikan makna dari surat al hujarat bahwa sesama muslim adalah bersaudara atau disebut ukhuwah islamiah, selain itu kita juga harus menjalin ukhuwah fatoniyah yaitu persaudaraan antar umat beragama, dimana kita hemdaknya saling menghormati perbedaan agama,ukhuwah insaniyah yaitu persaudaraan antar sesama manusia, dan kemudian ada ukhuwah bashoriyah yaitu persaudaraan antar suku.

adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjalin ukhuwah ialah : 1. Ta'aruf atau bisa diartikan perkenalan, yaitu mengeal satu sama lain secara umum,  2. Tafahum atau memahami kepribadian dan mengetahui kekurangan ataupun kelebihannya. (FE)

0 komentar:

Post a Comment